Thursday, April 11, 2013

Fotosintesis Sebagai Penghasil Oksigen

Kalian semua tentu tahu bahwa oksigen sangat dibutuhkan oleh semua organisme kan? Baik itu manusia, hewan, mikroba, ataupun tumbuhan hijau itu sendiri. Oksigen dibutuhkan oleh organisme untuk proses respirasi (pernapasan). Dalam proses respirasi, oksigen dibutuhkan untuk oksidasi (pembakaran zat makanan.

Nah, karena tumbuhan bisa berfotosintesis, maka tumbuhan bisa menghasilkan oksigen. Oksigen dikeluarkan melalui stomata ke udara bebas dan sebagian digunakan oleh tumbuhan sendiri untuk respirasi sel-sel daun. Seperti halnya di darat, kehidupan di dalam air pun sangat dipengaruhi oleh proses fotosintesis. Fotosintesis di dalam ekosistem perairan seperti di danau, kolam, sungai, dan di laut teutama dilakukan oleh fitoplankton dan berbagai jenis ganggang.


Nah, sekarang kita semua sudah bisa membayangkan apa yang akan terjadi apabila di bumi ini tidak terdapat tumbuhan hijau bukan? Jadi alangkah baiknya jika kita semua ikut melestarikan bumi kita ini, ikutlah merawat tumbuhan-tumbuhan di sekitar kalian.

1 comment:

Cute Sprout Pot