Thursday, April 11, 2013

Bagian-bagian yang Berperan Dalam Fotosintesis


Fotosintesis adalah proses pembentukan karbohidrat yang membutuhkan karbondioksida, air dan cahaya matahari. Bagaimana cara karbondioksia masuk ke dalam tumbuhan? yaitu melalui mulut daun atau stomata yang berada di daun. Karbondioksida masuk melalui stomata, lalu masuk ke dalam daging daun atau sering disebut dengan mesofil daun. Mengapa jarak mesofil daun dengan stomata dekat? Agar masuknya karbondioksida dapat secara efisien. Didalam mesofil daun, terdapat jaringan palisade atau jaringan tiang dan jaringan bunga karang atau jaringan spons. Didalam jaringan palisade banyak sekali mengandung kloropas. Nah, didalam kloropas ini ada klorofil atau zat hijau daun yang menyerap energi cahaya matahari. Klorofil juga ada dibagian tumbuhan lain yang berwarna hijau. Di jaringan bunga karang pun terdapat kloropas, namun tidak sebanyak di jaringan palisade.

Kloropas dibagi menjadi dua bagian, yaitu membran ganda dan matriks cair (stroma). Didalam matriks cair, terdapat Tilakoid yang membentuk bangunan seperti grana. Nah, didalam grana inilah terdapat klorofil.

Bagaimana dengan air? Air masuk lewat rambut akar, lalu masuk ke xylem akar diteruskan ke xylem batang, xlem cabang, xylem daun dan masuk ke dalam mesofil daun untuk diolah.

Jadi, bagian-bagian yang berperan dalam fotosintesis ialah :
1. Akar
2. Stomata
3. Xylem = Xylem akar, xylem batang, xylem cabang dan xylem daun.
4. Mesofil daun ; Jaringan Bunga karang dan Jaringan Palisade => kloropas => membran ganda dan matriks cair => Tilakoid membentuk grana => Klorofil.

Anatomi Daun





Permukaan atas dan bawah daun dilindungi oleh lapisan epidermis, yang memiliki lapisan lilin yang berfungsi untuk mencegah penguapan air.
Epidermis terletak di lapisan atas dan permukaan daun dan berfungsi melindungi lapisan sel di bagian dalam dari kekeringan dan menjaga bentuk daun agar tetap.

Diantara sel-sel epidermis terdapat stomata (mulut daun) yang berfungsi untuk pertukaran gas karbondioksida (CO2) dan oksigen (O2) pada proses fotosintesis dan respirasi. Pada tumbuhan hijau yang hidup di darat, stomata biasanya lebih banyak terdapat di permukaan bawah daun. Tetapi pada tumbuhan hijau yang hidup di air seperti teratai, biasanya stomata banyak terdapat di atas permukaan daun.

Diantara jaringan epidermis atas dan epidermis bawah daun terdapat jaringan mesofil (daging daun). Pada tumbuhan dikotl jaringan mesofil itu terdiri dari jaringan palisade (jaringan pagar/tiang), jaringan palisade ini disebut jaringan tiang karena bentuknya panjang-panjang seperti tiang dan tersusun rapat. Sel palisade ini mengandung banya kloropas. Dan satu lagi adalah jaringan spons (jaringan bunga karang) disebut bunga karang karena berbentuk tidak teratir dan susunan sel nya tidak rapat sehingga terdapat RAS (ruang antar sel), jaringan spons mengandung lebih sedikit kloroplas. dan berfungsi untuk menampung karbondioksida untuk proses fotosintesis.

Kutikula / kuti itu yang melapisi permukaan daun dan terdiri zat kutin dari kutikola ditandai dengan penebalan dari zat kutin.

Rambut dan kelenjar daun yang terletak di permukaan atas dan bawah daun dan berfungsi sebagai alar pengeluaran.

No comments:

Post a Comment

Cute Sprout Pot